Senin, 26 September 2016

Kisah Tentang Shodaqoh

Tidak ada komentar:

KISAH MANFAAT SHODAQOH

Dikisahkan pada suatu hari ada seseorang pemuda bersama kawanya akan berangkat menuju masjid. Kebetulan pemuda tersebut barusaja mendapat Rezeki, dan pemuda itu berniat untuk menginfakkan rizkinya ke kotak amal masjid. Namun ditengah perjalanan, pemuda itu melihat sekelompok anak kecil yang sedang memunguti sampah / memulung yang tengah beristirahat, sekelompok anak tersebut seperti terlihat lemas dan lelah. Disisi lain pemuda itu juga melihat seorang kakek penjual es dan makanan yang tengah lelah dan sedih karena daganganya belum juga laku. 




Pemuda tersebut menghampiri anak tersebut, lalu ia bertanya "sedang apakah wahai anak - anak??" anak itu menjawab, "kami sedang istirahat sejenak sehabis memulung, kami cape haus dan lapar belum makan".. lalu pemuda tersebut berniat untuk menggunakan uang yang tadinya akan disedekahkan ke masjid untuk membelikan minuman dan makanan yang di jual oleh kakek yg tadi. Singkat cerita, akhirnya pemuda tersebut menggunakan semua uang tadi untuk membeli makanan yang dijual kakek dan diberikan kepada sekelompok anak pemulung yang kelaparan. Kawan pemuda tersebut heran, dan ia pun bertanya kepada pemuda tersebut. "Bukankah kau sudah berniat untuk menyumbangkan uang mu ke masjid, lalu kenapa kau palah membelanjakan uang tersebut untuk membeli makanan??" Pemuda itu menjawab, "Tak apa lah, biar aku gunakan uangku itu untuk membeli jajan, toh niat aku juga baik, aku ingin menolong anak yang kelaparan, dan aku juga ingin menolong kakek yang bersedih karena daganganya belum laku juga dari tadi. Insyaallah, aku niatkan uangku tadi untuk bersedekah kepada orang - orang tersebut, dan insyaalloh allah pun akan meridhoi apa yang ku lakukan tadi, dan allah tetap menganggap itu sebagai bagian dari sedekahku, walau aku tidak jadi sedekah ke masjid''.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah pemuda tersebut adalah, "Bersedekah itu bisa dimana saja, bisa berupa apa saja, dan bisa kepada siapa saja. Asal niat kita iklas, dan selama itu masih berupa kebaikan, insyaalh itu yang dinamakan sedekah, dan percayalah allah akan mengantinya dengan pahala yang berlimpah". Amin*

*'*Sumber : Fajar Al Khuzaeni


 Suported By :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top